Bobobi Kopong – Bola-Bola Ubi Kopong

Masyarakat Indonesia begitu menyukai berbagai olahan dari ubi, mulai dari goreng, dikukus, dirujak, hingga dijadikan keripik. Sekarang ini orang semakin berkreasi dalam membuat camilan dengan bahan dasar ubi. Tak heran jika sekarang ini kamu bisa menikmati berbagai camilan dari ubi.

Jika kamu penggemar ubi dan bosan makan ubi yang hanya digoreng atau dikukus saja, sekarang yuk coba buat kreasi camilan enak dari ubi, dijamin bisa menjadi camilan yang begitu digemari keluarga.

Bahan-bahan :

1 buah ubi kuning (kukus)
2 sdm Tepung tapioka
2 sdm Tepung maizena
2 sdm gula halus (manis sesuai selera)
1 sdt baking powder
1/2 sdt garam

Jika semua bahan sudah disiapkan, selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Kukus ubi kuning

2. Haluskan menggunakan garpu.

3. Campurkan tepung tapioka, maizena, gula halus dan baking powder aduk rata lalu ayak. Setelah di ayak masukkan ubi kuning yang sudah dihaluskan tadi, uleni hingga tercampur rata dan kalis

4. Bulatkan adonan, masukkan ke tempat kedap udara/diwadah lalu tutup dengan plastik rapat atau kain lap meja yang bersih, kemudian masukkan ke kulkas diamkan sekitar 30 menit sampai 1 jam.

5. Setelah didiamkan, masuk ke minyak yang baru akan dipanaskan (minyak dingin yang baru mau di panaskan) gunakan api kecil saja ya, supaya bola-bola tidak meletus.

6. Goreng sambil diaduk-aduk supaya tidak lengket satu sama lain. Aduk-aduk terus supaya panas merata ke setiap permukaan bola ubi, setelah kulitnya kokoh, api boleh dibesarkan lagi sedikit (kalau sudah panas tidak usah). Lalu tekan-tekan bola ubi disemua sisi (harus disemua sisi) agar kopong.

Ketika menekan ubi, usahakan jgn kena ujung sutil/sodet, karena nanti bisa pecah. Jangan khawatir jadi kempes dan gepeng juga ketika menekan bola ubi, karena ketika terkena minyak panas bola-bola ubi akan kembali mengembang. Goreng hingga kuning kecokltatan dan kulit agak keras, lalu angkat dan tiriskan.

Selamat mencoba 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *