Tips Memilih dan Menyimpan Sayur yang Baik

Apakah kalian gemar berbelanja sayur-sayuran di pasar tradisional atau supermarket? Ada yang bilang jika sayuran di pasar tradisional lebih segar dibanding sayuran di supermarket. Pasalnya, kadang-kadang sayuran di supermarket masih tampak segar meskipun sudah dipajang berhari-hari di rak pendingin. Di mana pun kalian berbelanja, kalian harus memilih sayuran segar agar lebih nikmat dan bernutrisi saat dimasak.

Memilih sayuran yang sehat dan segar sangat penting untuk dilakukan. Ternyata beda jenis sayuran beda juga lho cara memilihnya. Yuk, simak beberapa tips memilih sayuran yang baik dan segar di pasar tradisional maupun supermarket.

1. Perhatikan warna sayuran

Ketika kalian memilih sayuran, hal pertama yang perlu kalian perhatikan adalah warna dari sayuran tersebut. Cara memilih sayuran yang baik adalah sayuran yang masih memiliki warna cerah atau warna aslinya. Sebab, sayuran yang sudah berubah warna menunjukkan bahwa sayuran tersebut sudah tidak segar lagi. Dan bisa jadi kandungan nutrisi dan vitaminnya sudah berkurang.

Sayuran yang bisa berubah warna di antaranya adalah wortel dan kentang yang memiliki warna hijau di pangkalnya. Perubahan warna menjadi hijau ini dapat menyebabkan keracunan apabila dikonsumsi. Biasanya warna hijau muncul karena sayuran terlalu sering terpapar sinar matahari. Warna hijau ini bisa disebut sebagai zat solanin (zat yang biasanya diproduksi sebagai mekanisme pertahanan kentang/wortel terhadap hama).

Kemudian jangan pilih sayur yang warna daunnya sudah mulai menguning dan batangnya layu. Cara mudah untuk mengetahui sayuran yang masih bagus atau tidak bisa dilihat dari warna dan kesegarannya. Sayuran berdaun seperti bayam, kangkung, selada, sawi, yang masih bagus biasanya memiliki tekstur yang masih keras dan warnanya yang hijau cerah dan segar. Sayuran yang masih segar biasanya baru dipanen dan tidak melalui perjalanan yang lama.

2. Sayuran yang bebas pestisida

Cara memilih sayuran yang baik ternyata bukan yang mulus dan utuh, lho!

Biasanya di dalam sayuran terdapat ulat kecil yang suka memakan daun-daun sayuran, sehingga menyebabkan daun pada sayuran tidak utuh dan sempurna lagi. Akan tetapi, hal tersebut ternyata sangat baik untuk kesehatan kalian. Karena, jika daun pada sayuran dimakan ulat, itu menandakan bahwa sayuran bebas dari pestisida.

3. Sayuran tidak keriput

Ketika kalian membeli sayuran umbi-umbian seperti bawang, kentang, wortel, ubi, bengkoang, sebaiknya hindari jika sayuran dalam kondisi keriput, lembek, memar, berlubang, bertunas, dan tidak keras.

Cara memilih sayuran yang baik, pilihlah sayuran umbi-umbian yang masih bertekstur keras dan aromanya masih segar. Misal, bawang putih yang segar adalah bawang yang memiliki warna putih dan bersih, tidak bertunas, kulit bawang tidak keriput dan tidak berwarna kekuningan.

4. Tidak lembek dan berbau

Saat memilih sayuran buah seperti tomat, terong, ketimun, dan sayuran buah lainnya, perhatikan dengan cermat.

Cara memilih sayuran yang baik cukup memerhatikan kondisinya, bila sayuran buah ini pecah, robek, lembek, berair, berjamur dan berbau, ini tandanya tidak layak untuk kalian konsumsi.

Tips menyimpan sayuran yang benar

Selain cara memilih sayuran yang baik, penting pula bagaimana cara menyimpan sayuran yang baik dan benar seperti berikut ini :

  • Sebelum disimpan dalam kulkas, bersihkan dan cuci sayuran terlebih dahulu dari akar, tanah, dan daun yang menguning. Alias disiangin.
  • Pilih wadah yang tepat untuk sayuran, seperti kertas dan plastik. Seperti menyimpan wortel dan sawi putih dalam balutan kertas agar tidak mudah busuk. Dan menyimpan jagung dalam plastik bersih agar tidak peyot dan membusuk.
  • Jangan menyimpan sayuran dan buah dalam penyimpanan yang sama. Bila dicampur, buah dapat menyebabkan sayuran hijau berubah warna
    kuning selama proses pematangan.
  • Simpan sayuran segar terpisah dari daging mentah, seperti ayam dan ikan.
  • Simpan potongan buah dan sayuran dalam kantong plastik tertutup atau rutin membersihkan wadah di kulkas.
  • Simpan sayuran umbi-umbian dan buah-buahan segar yang membutuhkan pematangan pada suhu kamar. Contohnya kentang dan bawang bombai.

Nah, setelah tahu cara memilih sayuran yang baik, tentu kalian bisa membedakan mana sayuran yang masih segar dengan yang tidak ya. Semoga bermanfaatšŸ˜Š

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *