Cara Download Video dari Instagram Tanpa Aplikasi Tambahan

Sebagai perempuan yang suka makan dan nyemil. Setiap hari libur saya pasti meluangkan waktu untuk memasak apapun yang saya inginkan. Semisal eksperimen membuat makanan yang resepnya diambil dari beberapa cuplikan video tutorial memasak.

Video tutorial tersebut biasanya saya cari dan lihat di YouTube atau Instagram.

Salah satu diantara keduanya, saya lebih sering lihat di Instagram. Yang menjadi masalahnya adalah jika saya ingin mengulang kembali tayangan tutorial masak itu, saya mesti mencarinya terlebih dahulu. Kuota saya juga jadi cepat habis.

Jadi, solusinya lebih baik download terlebih dahulu video tutorial yang saya butuhkan tersebut.

Untuk dapat mendownload video saya butuh aplikasi tambahan di Android.

Karena ruang penyimpanan Android saya terbatas. Dan kemungkinannya adalah hapus applikasi lain atau hapus sebagian data di galeri atau musik. Sampai-sampai saya pikir, “Ada tidak aplikasi yang menyediakan fitur-fitur chat seperti WhatsApp dan Telegram, tetapi bisa juga download video atau gambar dari Instagram, YouTube atau Facebook.”

Waktu itu rasanya agak aneh, tidak mungkin ada. Lagi pula saat ini yang familiar dan paling banyak digunakan juga kan aplikasi WhatsApp. Seandainya pun ada, ada kemungkinan juga aplikasi X ini yg paling banyak digunakan menggantikan posisi WhatsApp.

Setelah melakukan dan mencoba mendownload video tutorial masak itu, ternyata ada lho aplikasi sejenis WhatsApp yang saya bilang sebelumnya, yang bisa download video atau gambar dari Instagram khususnya.

Ya si Telegram tadi. Sejak tahun 2016, saya menjadi pengguna Telegram. Memang banyak kelebihannya. Dan salah satunya adalah ini, “Beruntung untuk kalian pengguna Telegram, bisa download video dan foto dari Instagram tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan”.

Kok bisa, gimana caranya? Simple kok, kita cuma butuh copy link, paste, kemudian download. Seperti langkah-langkah dibawah ini.

1. Tentukan video yang ingin kalian download.

2. Klik titik tiga yang ada di pojok kanan atas. Kemudian, pilih copy link.

3. Lalu, paste link di chat pribadi Anda. Atau paste link di “Saved Messages”. Hingga muncul setengah gambar dan tanda panah kebawah.

4. Kemudian, Anda bisa langsung klik dan download video atau gambar tersebut.

5. Video atau foto yang didownload tidak langsung tersimpan di galeri. Maka kita harus “Save to gallery” terlebih dahulu. Jika sudah selesai proses downloadnya. Kita bisa klik video atau gambar tadi. Kemudian klik titik tiga di pojok kanan atas. Ada beberapa menu seperti gambar dibawah ini. Silakan dipilih. Jika ingin menshare video tersebut pilih “Share” untuk meneruskannya. Semisal Anda berkeinginan untuk update story di Instagram atau story WhatsApp.

6. Untuk memastikan, cek di galeri Anda untuk video atau gambar yg didownload tersebut apakah sudah tersimpan atau belum (Jika sebelumnya memilih “Save to gallery”)

Saat ini yang pastinya bisa didownload adalah video atau gambar dari Instagram saja. Untuk Facebook, hanya beberapa saja yang bisa langsung di save/download via Telegram ini. Sedangkan YouTube, sampai saat ini belum bisa tuh🙄

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *